Kamis, 26 Oktober 2017

BAB II HUMANISTIK



BAB III
METODE PENELITIAN


A.    Jenis Penelitian
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan karena meneliti fenomena yang ada di lapangan atau masyarakat dan memusatkan perhatian pada suatu kasus secara intensif dan terperinci mengenai latar belakang keadaan sekarang yang dipermasalahkan.
Selanjutnya, penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomenatentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Penelitian kualitatif mengunakan pendekatan naturalistik untuk mencari dan menemukan pengertian atau pemahaman tentang fenomena dalam suatu layar yang berkonteks khusus.
Pada penelitian kualitatif ini, kehadiran peneliti mutlak diperlukan. Hal ini dikarenakan instrumen penelitian dalam penelitian kualitatif adalah peneliti itu sendiri.  mengemukakan sebagai berikut: kedudukan peneliti dalam penelitian kualitatif cukup rumit, ia sekaligus merupakan perencana, pelaksana pengumpulan data, analisis penafsiran data, dan pada akhirnya ia menjadi pelapor hasil penelitiannya.
Penelitian ini dilakukan di SDN Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar.

B.     Subjek dan Objek Penelitian
1.      Subjek Penelitian
Subjek penelitian ini adalah satu orang guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar.
2.      Objek penelitian
Adapun yang mnejadi objek dalam penelitian ini penerapan metode Humanistik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kepada peserta didik di Sekolah Dasar Negeri Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar.

C.    Data, Sumber Data, dan Tekhnik Pengumpulan Data
1.      Data
Data yang digali dlam penelitian ini meliputi data primer (data pokok) dan data sekunder (penunjang).
a.       Data Pokok
1)      Penerapan Metode Humanistik yang diberikan guru PAI kepada anak didiknya:
a)      membina kepercayaan Diri.
b)      Penanaman sikap mandiri
c)      mendorong keaktifan peserta didik.
d)     Penanaman sikap empati
2)      Faktor-faktor yang mempengaruhi guru PAI dalam mendidik dan menerapkan pendidikan Agama Islam melalui metode humanistik
a)      Latar belakang pendidikan
b)      Lingkungan
c)      Waktu yang tersedia
d)     Peserta didik
b.      Data penunjang
Data yang berkenaan dengan lokasi atau objek penelitian, berupa gambaran lokasi penelitian yang meliputi:
1)      Letak geografis Sekolah Dasar Negeri Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar.
2)  Keadaan masyarakat yang meliputi:
a)      Keadaan sosial
b)      Keadaan keagamaan
c)      Keadaan kebudayaan dan seni
d)     Keadaan perekonomian
e)      Keadaan pendidikan.
1.      Sumber Data
Sumber data dalam penelitian ini dapat diberikan menjadi :
a.       Responden satu orang Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.
            b.   Informan, terdiri atas :
                  1)   Kepala sekolah SDN Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan kabupaten Banjar. 
                  2)   Dewan guru dan tata usaha SDN Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar.
                  3) Siswa SDN Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar.
      3.   Teknik Pengumpulan Data
                        Untuk mengumpulkan data diatas digunakan beberapa teknik, yaitu:
            a.   Wawancara
                  Teknik ini dilakukan dengan model tanya jawab langsung terhadap responden dan informan berdasarkan pedoman wawancara.
            b.   Observasi
                  Adapun data yang digali dengan teknik ini adalah keadaan sekolah, alat dan sarana serta prasarana.
              c. Dokumenter
                  Teknik ini dilakukan terhadap kepala sekolah, staf tata usaha dan elemen pendukung lainnya, yang bisa digunakan untuk menggali data tentang riwayat hidup berdirinya sekolah, keadaan sekolah, keadaan kelas, siswa, guru dan dokumen yang ada kaitannya dengan permasalahan yang akan di teliti.
                              Untuk lebih jelasnya mengenai data, sumber data dan teknik pengumpulan data yang digunakan, dapat dilihat pada matriks berikut ini :
MATRIKS
DATA, SUMBER DATA DAN TEKNIK PENGUMPULAN DATA

   No
Data
Sumber Data
TPD
1.


























Data Pokok
a.Data yang berkenaan dengan Pendidikan, penerapan Metode Humanistik oleh Guru PAI dalam aspek materi pendidikannya
1) Penerapan Metode Humanistik Oleh Guru PAI, meliputi :
a)      membina kepercayaan Diri.
b)      Penanaman sikap mandiri
c)      mendorong keaktifan peserta didik.
d)     Penanaman sikap empati
b) Data tentang faktor-faktor yang mempengaruhi proses penerapan Metode Humanistik Oleh Guru PAI di ruang kelas dan di luar kelas, meliputi :
- Siswa
- Guru
- Waktu yang tersedia
- Sarana dan prasarana
Data Penunjang
a)    Riwayat singkat berdirinya SDN Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar

b) Keadaan sekolah, guru, staf tata       usaha dan siswa






Guru
Guru
Guru

Guru










Kepala Sekolah, guru


Kepala Sekolah, guru, siswa






Ww, Obs
Ww, Obs
Ww, Obs

Ww, Obs





Wawancara
Wawancara
Observasi
Observasi

Ww, Obs
Ww, Obs


Ww, obs, documenter

C. Kerangka Dasar Penelitian
                  Dalam penelitian ini kerangka dasar penelitiannya berisi mengenai penerapan  terhadap anak didik pada Sekolah Dasar Negeri Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar, yang dilambangkan dengan huruf “Y”, selanjutnya di dalam penelitian ini juga akan menggambarkan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi perihal tersebut. Faktor-faktor ini disebut variabel bebas ( independent variable) yang dilambangkan dengan huruf “X” dan terdiri dari X1-X4 . Untuk lebih jelasnya penulis gambarkan dalam bentuk skema berikut ini :



      Variabel Bebas                                          Variabel Terikat
      X1
      X2                                                                         Y
      X3
      X4
      Keterangan :
      Y     : Penerapan metode humanistik oleh Guru PAI terhadap peserta didik pada sekolah dasar negeri Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar.
      X      : Faktor-faktor yang mempengaruhi Penerapan metode humanistik oleh Guru PAI terhadap peserta didik pada sekolah dasar negeri Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang intan Kabupaten Banjar.
      X1      : Faktor Guru
      X2      : Faktor siswa
      X3       : Faktor waktu
      X4       : Faktor sarana dan prasarana
D. Teknik Pengolahan Data dan Analisa Data
      1.   Teknik Pengolahan Data
                        Dalam pengolahan data digunakan tahapan-tahapan sebagai berikut:
            a.   Editing
                              Yaitu melihat kembali data-data yang telah terkumpul untuk mengetahui apakah semua jawaban sudah terisi lengkap dan sudah bisa untuk dipahami.
            b.   Klasifikasi
                  Penulis mengklasifikasikan data-data hasil jawaban respon menurut macamnya tiap-tiap data yang diperoleh, supaya mudah dipelajari dan dapat diarahkan kepada pokok permasalahan.
            c. Interpretasi
                  penulis mentafsirkan data-data yang diperoleh dilapangan dan kemuidian penulis sampaikan dalam bentuk paparan sebagai gambaran. 
      2.   Analisa Data
                        Setelah data disajikan dan interpretasikan, kemudian di analisa. Analisa data dilakukan dalam rangka menentukan bagaimana penerapan metode humanistik oleh guru Pendidikan Agama Islam terhadap anak didik pada sekolah dasar negeri Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar dan faktor-faktor yang mempengarhinya, untuk ini dilakukan analisa deskriptif kualitatif, sedangkan dalam mengambil kesimpulan penulis menggunakan metode induktif, yaitu mengambil kesimpulan secara umum berdasarkan data-data khusus yang ada di lapangan.

E. Prosedur Penelitian
                  Dalam melakukan penelitian ada beberapa prosedur dan tahapan yang penulis lalui, yaitu :
      1.   Tahap pendahuluan :
            a.   Penjajakan ke lokasi yang diteliti
            b.   Konsultasi dengan dosen pembimbing
            c.   Mengajukan desain proposal penelitian.
      2.   Tahap persiapan
a.       Seminar proposal
b.      Revisi hasil seminar dengan petunjuk dosen pembimbing yang telah ditentukan.
c.       Memohon surat izin riset dari ketua STAI Darussalam Martapura.
d.      Menyiapkan daftar wawancara dan observasi.



      3.   Tahap pelaksanaan
            a.   Praktek ke lapangan dengan melakukan wawancara dan observasi   untuk mencari data.
            b.   Mengumpulkan data.
            c.   Mengelola data.
      4.   Tahap penyusunan laporan
                        Pada tahap ini dilakukan penyusunan laporan hasil penelitian berdasarkan sistematika yang telah di tentukan, kemudian diserahkan kepada pembimbing untuk dikoreksi dan disetujui. Setelah itu diperbanyak dan selanjutnya siap untuk diujikan dan dipertahankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar