BAB III
METODE
PENELITIAN
A.
Jenis Penelitian
Penelitian ini merupakan penelitian
lapangan karena meneliti fenomena yang ada di lapangan atau masyarakat dan
memusatkan perhatian pada suatu kasus secara intensif dan terperinci mengenai
latar belakang keadaan sekarang yang dipermasalahkan.
Selanjutnya, penelitian ini
menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang bermaksud
untuk memahami fenomenatentang apa yang dialami oleh subjek penelitian,
misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain secara holistik
dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks
khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Penelitian
kualitatif mengunakan pendekatan naturalistik untuk mencari dan menemukan
pengertian atau pemahaman tentang fenomena dalam suatu layar yang berkonteks
khusus.
Pada penelitian kualitatif ini,
kehadiran peneliti mutlak diperlukan. Hal ini dikarenakan instrumen penelitian
dalam penelitian kualitatif adalah peneliti itu sendiri. mengemukakan sebagai berikut: kedudukan
peneliti dalam penelitian kualitatif cukup rumit, ia sekaligus merupakan
perencana, pelaksana pengumpulan data, analisis penafsiran data, dan pada
akhirnya ia menjadi pelapor hasil penelitiannya.
Penelitian ini dilakukan di SDN
Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar.
B.
Subjek dan Objek Penelitian
1.
Subjek Penelitian
Subjek penelitian ini adalah satu orang guru Mata Pelajaran Pendidikan
Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan
Kabupaten Banjar.
2.
Objek
penelitian
Adapun yang mnejadi objek dalam penelitian ini penerapan metode
Humanistik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kepada peserta didik di
Sekolah Dasar Negeri Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten
Banjar.
C.
Data, Sumber Data, dan Tekhnik Pengumpulan Data
1.
Data
Data yang digali dlam penelitian ini meliputi data primer (data
pokok) dan data sekunder (penunjang).
a.
Data
Pokok
1)
Penerapan
Metode Humanistik yang diberikan guru PAI kepada anak didiknya:
a)
membina
kepercayaan Diri.
b)
Penanaman
sikap mandiri
c)
mendorong
keaktifan peserta didik.
d)
Penanaman
sikap empati
2)
Faktor-faktor
yang mempengaruhi guru PAI dalam mendidik dan menerapkan pendidikan Agama Islam
melalui metode humanistik
a)
Latar
belakang pendidikan
b)
Lingkungan
c)
Waktu
yang tersedia
d)
Peserta
didik
b.
Data
penunjang
Data yang berkenaan dengan lokasi atau objek penelitian, berupa
gambaran lokasi penelitian yang meliputi:
1)
Letak
geografis Sekolah Dasar Negeri Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan
Kabupaten Banjar.
2)
Keadaan
masyarakat yang meliputi:
a)
Keadaan
sosial
b)
Keadaan
keagamaan
c)
Keadaan
kebudayaan dan seni
d)
Keadaan
perekonomian
e)
Keadaan
pendidikan.
1.
Sumber
Data
Sumber data dalam penelitian ini dapat diberikan menjadi :
a.
Responden
satu orang Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.
b. Informan, terdiri atas :
1) Kepala sekolah SDN Jingah Habang Ilir
Kecamatan Karang Intan kabupaten Banjar.
2) Dewan
guru dan tata usaha SDN Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten
Banjar.
3)
Siswa SDN Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar.
3. Teknik Pengumpulan Data
Untuk
mengumpulkan data diatas digunakan beberapa teknik, yaitu:
a.
Wawancara
Teknik ini dilakukan dengan
model tanya jawab langsung terhadap responden dan informan berdasarkan pedoman
wawancara.
b. Observasi
Adapun data yang digali dengan teknik ini
adalah keadaan sekolah, alat dan sarana serta prasarana.
c.
Dokumenter
Teknik
ini dilakukan terhadap kepala sekolah, staf tata usaha dan elemen pendukung
lainnya, yang bisa digunakan untuk menggali data tentang riwayat hidup
berdirinya sekolah, keadaan sekolah, keadaan kelas, siswa, guru dan dokumen
yang ada kaitannya dengan permasalahan yang akan di teliti.
Untuk lebih jelasnya mengenai data, sumber data dan teknik
pengumpulan data yang digunakan, dapat dilihat pada matriks berikut ini :
MATRIKS
DATA,
SUMBER DATA DAN TEKNIK PENGUMPULAN DATA
No
|
Data
|
Sumber Data
|
TPD
|
1.
|
Data Pokok
a.Data yang berkenaan dengan Pendidikan, penerapan Metode
Humanistik oleh Guru PAI dalam aspek materi pendidikannya
1)
Penerapan Metode Humanistik Oleh Guru PAI, meliputi :
a)
membina
kepercayaan Diri.
b)
Penanaman
sikap mandiri
c)
mendorong
keaktifan peserta didik.
d)
Penanaman
sikap empati
b) Data tentang faktor-faktor yang
mempengaruhi proses penerapan Metode Humanistik Oleh Guru PAI di ruang kelas
dan di luar kelas, meliputi :
- Siswa
- Guru
- Waktu yang tersedia
- Sarana dan prasarana
Data Penunjang
a) Riwayat singkat berdirinya SDN Jingah Habang
Ilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar
b)
Keadaan sekolah, guru, staf tata usaha
dan siswa
|
Guru
Guru
Guru
Guru
Kepala Sekolah, guru
Kepala Sekolah, guru, siswa
|
Ww, Obs
Ww, Obs
Ww, Obs
Ww, Obs
Wawancara
Wawancara
Observasi
Observasi
Ww, Obs
Ww, Obs
Ww, obs, documenter
|
C. Kerangka Dasar Penelitian
Dalam penelitian
ini kerangka dasar penelitiannya berisi mengenai penerapan terhadap anak didik pada Sekolah Dasar Negeri
Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar, yang dilambangkan
dengan huruf “Y”, selanjutnya di dalam penelitian ini juga akan menggambarkan
mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi perihal tersebut. Faktor-faktor ini
disebut variabel bebas ( independent variable) yang dilambangkan dengan
huruf “X” dan terdiri dari X1-X4 . Untuk lebih jelasnya
penulis gambarkan dalam bentuk skema berikut ini :
Variabel Bebas Variabel
Terikat
X1
X2 Y
X3
X4
Keterangan
:
Y : Penerapan metode humanistik oleh Guru PAI terhadap peserta
didik pada sekolah dasar negeri Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan
Kabupaten Banjar.
X :
Faktor-faktor yang mempengaruhi Penerapan metode humanistik oleh Guru PAI
terhadap peserta didik pada sekolah dasar negeri Jingah Habang Ilir Kecamatan
Karang intan Kabupaten Banjar.
X1 : Faktor Guru
X2 : Faktor siswa
X3 :
Faktor waktu
X4
: Faktor sarana dan prasarana
D. Teknik Pengolahan Data dan
Analisa Data
1. Teknik Pengolahan Data
Dalam pengolahan data digunakan
tahapan-tahapan sebagai berikut:
a. Editing
Yaitu
melihat kembali data-data yang telah terkumpul untuk mengetahui apakah semua
jawaban sudah terisi lengkap dan sudah bisa untuk dipahami.
b. Klasifikasi
Penulis
mengklasifikasikan data-data hasil jawaban respon menurut macamnya tiap-tiap
data yang diperoleh, supaya mudah dipelajari dan dapat diarahkan kepada pokok
permasalahan.
c. Interpretasi
penulis
mentafsirkan data-data yang diperoleh dilapangan dan kemuidian penulis
sampaikan dalam bentuk paparan sebagai gambaran.
2. Analisa Data
Setelah data disajikan dan interpretasikan,
kemudian di analisa. Analisa data dilakukan dalam rangka menentukan bagaimana
penerapan metode humanistik oleh guru Pendidikan Agama Islam terhadap anak
didik pada sekolah dasar negeri Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan
Kabupaten Banjar dan faktor-faktor yang mempengarhinya, untuk ini dilakukan
analisa deskriptif kualitatif, sedangkan dalam mengambil kesimpulan penulis
menggunakan metode induktif, yaitu mengambil kesimpulan secara umum berdasarkan
data-data khusus yang ada di lapangan.
E. Prosedur Penelitian
Dalam melakukan penelitian ada beberapa
prosedur dan tahapan yang penulis lalui, yaitu :
1. Tahap pendahuluan :
a.
Penjajakan ke lokasi yang diteliti
b. Konsultasi dengan dosen
pembimbing
c. Mengajukan desain proposal penelitian.
2. Tahap persiapan
a.
Seminar proposal
b.
Revisi
hasil seminar dengan petunjuk dosen pembimbing yang telah ditentukan.
c. Memohon surat izin riset dari ketua STAI Darussalam Martapura.
d.
Menyiapkan
daftar wawancara dan observasi.
3. Tahap pelaksanaan
a. Praktek ke lapangan dengan melakukan wawancara
dan observasi untuk mencari data.
b. Mengumpulkan data.
c. Mengelola data.
4. Tahap penyusunan laporan
Pada
tahap ini dilakukan penyusunan laporan hasil penelitian berdasarkan sistematika
yang telah di tentukan, kemudian diserahkan kepada pembimbing untuk dikoreksi
dan disetujui. Setelah itu diperbanyak dan selanjutnya siap untuk diujikan dan
dipertahankan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar