BAB
IV
PENYAJIAN
DATA DAN ANLISIS DATA
A.
Gambaran Umum lokasi Penelitian
Sejarah Berdirinya Sekolah Dasar Negeri Jingah Habang Ilir
Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar
1.
Nama
Sekolah : SDN
Jingah Habang Hilir
2.
NSS :
101150107001
3.
NIS : 10 00 10
4.
NPSN : 30300518
5.
Status : Negeri
6.
Tahun
Berdiri : 1957
7.
Alamat : Jl. Melati
No. 80 RT 02
8.
Desa : Jingah
Habang Hilir
9.
Kecamatan : Karang Intan
10.
Kabupaten
/ Kota : Banjar
11.
Propinsi : Kalimantan
Selatan
12.
Nilai
Akreditasi : B
13.
Jumlah
Rombel / Kelas : 5 / 6
14.
Luas
tanah seluruhnya : 1156 m²
15.
Luas
bangunan : 729 m²
16.
Luas
kebun / halaman : 427 m²
17.
Status
tanah : Hak
Milik (Sertifikat)
KEPALA SEKOLAH
1.
Nama : Abdul
Muis, S. Pd
2.
NIP :
19600510 198202 1 004
3.
Jenis
Kelamin :
Laki-laki
4.
Tempat,
Tgl. Lahir : Barabai, 10
Mei 1960
5.
Pangkat
/ Gol : IV/b
6.
Pendidikan
Terakhir : S1
Data Kepala Sekolah yang Pernah Menjabat
No.
|
Nama
|
Periode
|
1.
|
Hj. Norsehan,
S. Pd.
|
1988-2000
|
2.
|
Abdullah, S.
Pd.
|
2000-2003
|
3.
|
H. Askolani,
S. Pd.
|
2003-2005
|
4.
|
M. Salim, A.
Ma
|
2005-2010
|
5.
|
Drs.
Suriansyah
|
2010-2012
|
6.
|
Abdul Muis,
S. Pd.
|
2012-2015
|
VISI DAN MISI SEKOLAH
1.
VISI
“BERTEKAD MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN UNTUK
MENGHASILKAN ANAK DIDIK YANG ISLAMI BERWAWASAN IPTEK”
2.
MISI
1. Membimbing siswa menjadi sumber daya manusia (SDM) yang sehat jasmani dan
rohani , berkepribadian luhur, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2. Menyelenggarakan Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM) berorientasi mutu dan
profesional
3. Menerapkan manajemen partisipatif
warga sekolah, masyarakat dan pemerintah.
4. Mengupayakan lingkungan sekolah yang tertib, aman dan nyaman.
3. TUJUAN
Sesuai tujuan pendidikan dasar, visi pemerintah visi dan misi
sekolah maka tujuan yang ingin dicapai oleh SDN Jingah Habang Hilir Kecamatan
Karang Intan
a.
Dapat
mengamalkan ajaran agama hasil proses pembelajaran dan kegiatan pembelajaran.
b.
Meraih
prestasi akademik maupun non akademik.
c.
Menguasai
dasar - dasar ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bakat untuk melanjutkan ke
sekolah yang lebih tinggi.
d.
Menghargai
dan menghormati sesama di lingkungan sekolah,keluarga dan masyarakat yang
berbeda agama, budaya, suku bangsa dan status sosial.
e.
Munculnya
generasi yang tangguh baik aqidah maupun
keilmuan serta berjiwa kebangsaan.
f.
Membiasakan
hidup sehat dalam kegiatan baik di lingkungan sekolah maupun rumah.
g.
Melaksanakan
PMB dengan pendekatan PAKEM.
4.
KEADAAN SISWA
Kelas
|
2012 / 2013
|
2013 / 2014
|
2014 / 2015
|
|||||||||
L
|
P
|
Jlh
|
Jlh
Kls
|
L
|
P
|
Jlh
|
Jlh
kLS
|
L
|
P
|
Jlh
|
Jlh
Kls
|
|
I
|
15
|
9
|
24
|
1
|
11
|
5
|
16
|
1
|
12
|
13
|
25
|
1
|
II
|
13
|
12
|
25
|
1
|
15
|
10
|
25
|
1
|
12
|
5
|
17
|
1
|
III
|
18
|
17
|
35
|
1
|
13
|
11
|
24
|
1
|
17
|
10
|
27
|
1
|
IV
|
15
|
17
|
32
|
1
|
16
|
16
|
32
|
1
|
14
|
10
|
24
|
1
|
V
|
14
|
7
|
21
|
1
|
14
|
17
|
31
|
1
|
14
|
15
|
29
|
1
|
VI
|
17
|
10
|
27
|
1
|
11
|
7
|
18
|
1
|
14
|
17
|
31
|
1
|
Jlh
|
92
|
72
|
164
|
6
|
80
|
66
|
146
|
6
|
83
|
70
|
153
|
6
|
5.
DATA LAPORAN KELULUSAN SISWA
Thn Pelajaran
|
Peserta Terdaftar
|
Peserta
Mengikuti
|
Peserta Yang Lulus
|
Peserta Tidak Lulus
|
Prosentase Kelulusan
|
2012/ 2013
2013 / 2014
2014 / 2015
|
27
18
31
29
31
35
|
27
18
31
29
31
35
|
27
18
31
29
31
35
|
-
-
-
-
-
-
|
100 %
100%
100%
100%
100%
100%
|
6.
Data
kepala Sekolah dan Guru
No.
|
Nama
|
Pendidikan
|
Jabatan
|
1.
|
Abdul Muis, S. Pd.
|
S. Pd.
|
Kepala Sekolah
|
2.
|
H. Syahlani, A. Ma.
|
D2 PGSD
|
Guru Kelas
|
3.
|
Norliani, A. Ma.
|
S 1PAI
|
Guru Agama
|
4.
|
Yuliani, A. Ma.
|
D2
|
Guru B. Indonesia
|
5.
|
Zarkani
|
S. Pd. I
|
Guru Kelas
|
6.
|
Maulana
|
S. Pd. I
|
Guru Kelas
|
7.
|
Sutianingsih
|
SMA
|
Guru IPA
|
8.
|
Faisal Rahman
|
S1 Unlam
|
Guru B. Inggris
|
9.
|
Izna Fatia
|
S. Pd
|
Guru Matematika
|
10.
|
Faulia Ariyani
|
S. Pd
|
Guru IPA
|
11.
|
Zainal Muttaqin
|
SMA
|
Pustakwan
|
12.
|
Yudi Ferdian
|
S1 STIE
|
Tata Usaha
|
13.
|
Midyan Rosyadi
|
SMA
|
PSD
|
7.
DATA KEADAAN GURU / PEGAWAI
Ijazah
Tertinggi
|
Keadaan Jumlah Pegawai
|
JLH
|
|||||
Kepsek
|
Guru PNS
|
Guru Tidak Tetap
|
Perpustakaan
Honorer
|
TU Honorer
|
PSD
Honorer
|
|
|
S2
S1
D4
D3
D2
D1
SLTA
|
-
1
-
-
-
-
-
|
-
5
-
-
-
-
3
|
-
3
-
-
-
-
-
|
-
-
-
-
-
-
-
|
-
-
-
-
-
-
-
|
-
-
-
-
-
-
1
|
-
9
-
-
-
-
4
|
|
1
|
8
|
3
|
-
|
-
|
1
|
13
|
8.
DATA PRESTASI SISWA 3 TAHUN TERAKHIR (RATA²)
No
|
Mata Pelajaran
|
2012 / 2013
|
2013 / 2014
|
2014 / 2015
|
1
2
3
4
5
|
PKn
Bahasa Indonesia
Matematika
IPA
IPS |
7,23
8,29
6,17
7,66
7,70
|
7,75
7,81
5,97
7,17
7,75
|
|
9.
PRASARANA SEKOLAH
1.
Jenis
Sarana Yang Dimiliki Sekolah
NO
|
JENIS
|
KEBERADAAN
|
FUNGSI
|
||
YA
|
TIDAK ADA
|
YA
|
TIDAK
|
||
1
|
Ruang Kepala Sekolah
|
√
|
-
|
√
|
-
|
2
|
Ruang Wakil Kepala Sekolah
|
-
|
√
|
-
|
-
|
3
|
Ruang Guru
|
√
|
-
|
√
|
-
|
4
|
Ruang Layanan Bimbingan dan Konseling
|
-
|
√
|
-
|
-
|
5
|
Ruang Tamu
|
√
|
-
|
√
|
-
|
6
|
Ruang UKS
|
-
|
√
|
-
|
-
|
7
|
Ruang Perpustakaan
|
√
|
-
|
√
|
-
|
8
|
Ruang Media dan Alat Bantu PBM
|
-
|
√
|
-
|
-
|
9
|
Ruang Penjaga Sekolah
|
-
|
√
|
-
|
-
|
10
|
Ruang /Pos Keamanan
|
-
|
√
|
-
|
-
|
11
|
Aula / Gedung Serba Guna
|
-
|
√
|
-
|
-
|
12
|
Gudang
|
-
|
√
|
√
|
-
|
13
|
Kantin Sekolah
|
√
|
-
|
√
|
-
|
14
|
Halaman Sekolah
|
√
|
-
|
√
|
-
|
2.
Ruang
Kelas
Kondisi Ruang Kelas
|
Jumlah Ruang Kelas
|
Baik
|
5
|
Rusak Ringan
|
|
Rusak Berat
|
-
|
Total
|
5
|
3.
WC
dan Kamar Mandi
Peruntukan
|
|
Jumlah
|
Kondisi
|
||
Ada
|
Tidak
|
Baik
|
Tidak Baik
|
||
Kepala Sekolah / Guru / Karyawan
|
√
|
-
|
1
|
√
|
-
|
Siswa Laki-laki
|
√
|
-
|
1
|
√
|
-
|
Siswa Perempuan
|
√
|
-
|
1
|
√
|
-
|
4.
Prasarana
Jenis
|
Keberadaan
|
Kondisi
|
||
Ya
|
Tidak
|
Baik
|
Rusak
|
|
Instalasi Air
|
√
|
-
|
√
|
-
|
Jaringan Listrik
|
√
|
-
|
√
|
-
|
Jaringan Telepon
|
-
|
√
|
-
|
-
|
Internet
|
-
|
√
|
-
|
-
|
Akses Jalan
|
√
|
-
|
√
|
-
|
5.
Sarana
lain yang dimiliki sekolah
a). Laptop (2
unit)
ALAT BANTU AJAR
No
|
ALAT
|
JUMLAH
|
TAHUN PENGADAAN
|
KONDISI
|
|
BAIK
|
RUSAK
|
||||
1
|
Kerangka
Manusia
|
1
|
1995
|
|
√
|
2
|
Anatomi Tubuh
|
1
|
1995
|
|
√
|
3
|
Alat Peraga
Matematika
|
1
|
2003
|
√
|
|
4
|
Alat Peraga Agama
|
3
|
2008
|
√
|
|
5
|
Alat Peraga
BTA
|
13
|
2008
|
√
|
|
6
|
Alat Peraga
B. Inggris
|
2
|
2009
|
√
|
|
B.
Penyajian Data
Setelah penulis kemukakan tentang gambaran umum Lokasi Penelitian
selanjutnya penulis akan menggambarkan dan menyajikan data tentang Penerapan
Metode Humanistik Anak Kelas 1 SD oleh Guru PAI di Sekolah Dasar Negeri Jingah
Habang Ilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar.
1.
Penerapan
Metode Humanistik yang diberikan Guru Pendidikan Agama Islam Kepada Anak
Didiknya di Sekolah Dasar Negeri Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan
Kabupaten Banjar, Yaitu:
a.
Membina
kepercayaan Diri
Berdasakan hasil wawancara dan
observasi dengan guru Pendidikan Agama Islam tentang membina Kepercayaan diri siswa
dalam mata Pelajaran PAI, guru PAI yang melaksanakan Proses Pendekatan
Individual dengan siswa ketika berada didalam kelas maupun diluar kelas, ketika
didalam kelas guru mata pelajaran PAI dikelas I dengan jumlah muridnya 31
orang, dalam hal menjalin Pendekatan Individual dengan siswa guru melakukakan
nya dengan baik, karena guru menyadari pentingnya proses Pendekatan Individual
antara guru mata pelajaran PAI dengan anak didiknya yang berada di Kelas I agar
proses pembelajaran berjalan dengan baik. Pendekatan Individual sangat
diperlukan untak melihat perkembangan anak dan memajukan pelajaran PAI, Tanpa
Pendekatan Individual pembelajaran tidak berjalan dengan baik. Hasil yang ingin
dicapai pun tidak memenuhi standar penilaian yang sudah ditentukan. Dalam hal
melakukan pendekatan ini guru PAI bisa meningkatkan sikap percaya diri anak
didik dengan pendekatan individual yang baik
b.
Penanaman
Sikap Mandiri
Dari hasil Observasi dan Wawancara dengan Guru Pendidikan Agama
Islam beliau cukup mengetahui bahwa
seorang murid itu adalah orang yang sedang belajar atau menuntut ilmu dalam
bimbingan seorang atau beberapa orang guru.
Guru Pendidikan Agama Islam menydari bahwa sebagai orang yang
sedang belajar, maka murid berhak mendapat pelajaran dan pendidikan, juga
bimbingan serta pembinaan dari gurunya. Dia juga berhak untuk mendapatkan
pengayoman, buka bentakan, atau kemarahan. Peserta didik juga berhak menerima
cinta dan kasih saying selama belajar dan menuntut ilmu walaupun bentuk pengayoman,
cinta, dan kasih sayang itu berbeda-beda menurut tiap-tiap guru. Ini merupaka
metode humanisti yang sangat manjur diterapkan di SD Jingah Habang Ilir
Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar, Tapi intinya, peserta didik haruslah
belajar dalam suasana yang nyaman dan dia tidak merasa tertekan atau terpaksa.
diketahui bahwa guru PAI Dalam melaksanakan proses belajar mengajar
menggunakan pendekatan kelompok, dimana anak didik dalam suatu kelompok
dipandang sebagai satu kesatuan tersendiri, dengan tujuan untuk mencari satu
tujuan pelajaran yang tertentu dengan cara bergotong royong. Sebagai Metode,
Pendekatan kerja kelompok dipakai guru Pendidikan Agama Islam untuk mencapai
macam-macam tujuan di Sekolah. Karena di dalam prakteknya Guru Pendidikan Agama
Islam di Sekolah Dasar Negeri Jingah Habang Ilir Kecamatan karang Intan di
dalam prakteknya menggunakan pendekatan Kerja kelompok yang cukup baik untuk
menumbuhkan sifat mandiri terhadap anak didiknya.
c.
Mendorong
keaktifan peserta didik
Semua guru pasti menginginkan mempunyai murid-murid yang rajin.
Rajin artinya giat, bersugguh-sungguh, dan semangat dalam mengerjakan suatu
hal. Murid yang ajin berarti murid yang giat, bersungguh-sungguh dan semangat
dalam belajar atau menuntut ilmu. Orang yang rajin dimanapun ia berada pasti
akan dibutuhkan orang (baik tenaga maupun pikiran). Guru Pendidikan Agama Islam
di SDN Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan cukup baik dalam memberikan
motivasi terus menerus agar murid-murid selalu memelihara sikap ini.
dari hasil observasi dan wawacara di ketahui bahwa Guru Pendidikan
Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Jingah Habang Ilir Kecamatan karang Intan
Kabupaten Banjar, dalam kegiatan belajar mengajar guru membagi anak didik ke
dalam beberapa kelompok belajar dan terkadang memperhatikan juga pendapat dan
kemauan anak didik. Karena permasalahan yang dihadapi setiap anak didik
biasanya bervariasi, maka pendekatannya pun akan lebih tepat bila menggunakan
pendekatan bervariasi.
Tidak hanya rajin yang diharapakan oleh Guru Pendidikan Agama Islam
terhadap Anak didiknya, Guru Pendidikan Agama Islam juga menanamkan sikap Tekun
kepada anak didiknya di SDN Jingah Habang ilir Kecamatan Karang Intan. Karena
Guru Pendidikan Agama Islam menyadari bahwa sikap tekun ini lebih memperlihatkan
kematangan emosi. Oleh karenanya orang yang tekun biasanya lebih sabar dan
pandai mengendalikan diri. Dia juag teliti dan sangat memperhatika detil. Murid
yang tekun sesungguhnya telah menggenggam separuh dari keberhasilan masa
depannya. Dia hanya tinggal menacari cara, bagaimana meraih yang separuh lagi,
sehingga mengantarkan dia pada kejayaan menggapai cita-cita.
d.
Penanaman
Sikap Empati
Pada dasarnya peserta didik mempunyai sifat empati jiwa kepedulian
yang siap untuk dikembangkan di sekolah. Guru Pendidikan Agama islam di SDN
Jingah Habang Ilir kecamatan Karang intan menydari ini. Guru PAI menyadari
bahwa sekolah merupakan lahan paling subur untuk menumbuhkan sikap keperdulian
anak kepada sesamanya. Peserta didik harus disadarkan bahwa mereka hidup bukan
hanya untuk kesenangan diri sendiri, tetapi juga untuk orang lain. Dengan
begitu , akan tumbuh kesadaran untuk hidup bersama dan selalu siap memberikan
sebagian yang mereka miliki kepada sesama. Terutama kepada fakir miskin. Jiwa
peduli ini harus dihidupkan sejak dini agar mereka terbiasa berbagi kebahagian.
Sesungguhnya tidak ada kebahagian dalam hidup ini selain bisa saling berbagi
dengan sesama.
Dari hasil observasi dan wawancara di ketahui bahwa guru PAI dalam
melakukan pendidikan dan pengajaran dengan tujuan untuk mendidik
dilakukan cukup baik. Karena Guru PAI menyadari bahwa sikap dan
perbuatan yang ia lakukan harus bisa menanamkan nilai-nilai kebaikan kepada
anak didiknya dengan tujuan untuk membina watak anak didik dengan pendidikan
akhlak yang mulia.
Dari hasil observasi dan
wawancara diketahui bahwa Pendidikan dan pengajaran di Sekolah Dasar Negeri
Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan dalam melaksanakan proses belajar
mengajar tidak hanya menggunakan metode satu atau dua macam saja dalam
melaksanakan Proses belajar mengajar guru PAI Menggunakan penggabungan beberapa
pendekatan dalam membimbing dan membina jiwa keagamaan anak didik. Pendekatan
keagamaan Dapat membantu anak didik menumbuhkan jiwa agama yang kuat di dalam
diri anak didik, yang pada akhirnya nilai-nilai Agama dapat mereka yakini,
pahami, hayati, dan di amalkan mereka selama hayat para anak didik di kandung
badan.
Bahasa adalah alat untuk menyampaikan dan memahami gagasan pikiran,
pendapat, dan perasaan, secara lisan maupun tulisan. Guru Pendidikan Agama
Islam di Sekolah Dasar Negeri Jingah Habang Ilir Kecamatan karang Intan
menggunakan Bahasa yang baik dalam proses belajar mengajar. Guru PAI Menyadari
Penggunaan Bahasa yang baik sebagai alat untuk mengungkapkan makna yang di
wujudkan melalui struktur (tata bahasa dan kosakata) akan mudah dipahami jika
cara penyampaian bagus dan mudah dimengerti oleh anak didik, karena hal
demikian berperan sebagai alat pengungkapan makna (gagasan, Pikiran, pendapat
dan perasaan).
2.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi Penerapan Pendekatan Penerapan Metode Humanistik Dalam
Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Jingah
Habang Ilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar.
a.
Guru
Faktor
guru yang mengajar dengan indikator pengalaman, dan latar belakang pendidikan ,
kompetensi yang dimiliki, serta pernah mengikuti berbagai macam diklat
pendidikan. Guru yang melaksanakan Penerapan Pendekatan Metode Humanistik dalam
pembelajaran PAI Dengan Pelaksanaan Program Pembelajaran untuk menciptakan Kepercayaan
Diri Siswa, Sikap Mandiri, keaktifan siswa dan Penenaman Sikap Empati dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah Ibu Norliani, A. Ma. Pengalaman guru
mengajar 10 Tahun menjadi Guru, dan pendidikan yang ditempuh adalah SI IAIN
Antasari Banjarmasin. Ibu Norliani juga sering mengikuti berbagai macam diklat
pendidikan untuk menembah kompetensi dan pengetahuan dalam memberikan pelajaran
dan melaksanakan proses belajara mengajar yang baik di kelas terhadap anak
didiknya di SDN Jingah Habang Ilir Kecematan Karang Intan Kabupaten Banjar Pengalaman
kerja sangat penting bagi seorang guru. Guru yang banyak memiliki pengalaman
kerja di sekolah, dia akan mudah melaksanakan tugasnya, karena pengalaman
tersebut dijadikan pedoman dalam melaksanakan tugasnya. Guru yang banyak
mempunyai pengalaman kerja sebagai guru, dia akan dapat memberikan bimbingan
kepada siswanya. Masa kerja atau lamanya kerja seorang guru juga cukup
mempengaruhi kecakapan dan keahlian dalam mengelola pembelajaran di sekolah.
Karena ilmu dan pengetahuan saja tidak cukup tanpa ada pengalaman kerja.
Melalui pengalaman akan menambah kematangan dalam mengerjakan sesuatu serta
dari pengalaman tersebut dapat mengimbangi antara kenyataan yang dihadapi saat
melaksanakan tugas dengan ilmu yang didapatnya..
b.
Siswa
Minat siswa dilihat dari kerajinan/ keaktifan mengikuti pelajaran dan
perhatian selama mengikuti pelajaran PAI. Berdasarkan hasil observasi dan
dokumentasi terlihat semuanya aktif dan memperhatikan dengan baik setiap materi
yang dijelaskan oleh guru selama pelaksanaan pembelajaran mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam.
c.
Sarana
Prasarana
Berdasarkan hasil
observasi dari wawancara, fasilitas yang digunakan untuk pelaksanaan
pembelajaran PAI Hanyalah ruang kelas dan buku-buku Pelajaran Pendidikan Agama
Islam.
C.
Analisis Data
Sekolah Dasar Negeri Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan
Kabupaten Banjar berdiri pada tahun 1957 yang beralamat di Jl. Melati No. 80
Rt. 02 dengan luas tanah keseluruhan 1156 M2 dengan nilai Akreditasi B.
Kepala sekolah yang menjabat saat ini adalah Bapak Abdul Muis, S.
Pd. Dengan pangkat Gol IV / B. dengan jumlah Tenaga pengajar sebanyak 13 Orang.
Dalam hal ini penulis akan mengemukakan tentang:
1.
Pelaksanaan
Penerapan Pendekatan Metode Humanistik Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri Jingah Habang Ilir Kecamatan
Karang Intan Kabupatan Banjar.
a.
Membina
Kepercayaan Diri
Dari data yang telah penulis kemukakan dapat dijelaskan bahwa:
Percaya diri merupakan sumber kekuatan yang luar biasa. Percaya
diri laksana reactor yang membangkitkan segala energy yang ada ada pada diri
seseorang untuk mencapai sukses. Sebagai generasi penerus bangsa, sikap percaya
diri sangat penting ditanamkan pada peserta didik agar ia tumbuh menjadi sosok
yang mampu Data yang didapat mengembangkan potensi diri.
Dalam hal ini guru Pendidikan Agama Islam Mempunyai cara sendiri
untuk membangkitkan Kepercayaan diri Peserta didiknya diantaranya dalam
pelaksanaan kegiatan belajar mengajar guru memberikan Apresiasi berupa pujian
atas setiap pencapaian yang dicapai peserta didik, hal ini akan mengembangkan
rasa percaya dirinya, dan peserta didik pun akan akan menerima lebih banyak
lagi kesuksesan dalam kehidupannya. Guru Pendidikan Agama Islam menyedari bahwa
ia tidak akan memberikan pujian tanpa alasan. Sebab, boleh jadi, peserta didik
akan tumbuh menjadi sosok yang “gila pujian”.
Selain itu Guru pendidikan Agama Islam juga mengajari anak didiknya
untuk bertanggung jawab , banyak hal yang dilakukan oleh guru untuk menerapkan
prinsip ini, seperti meugaskan peserta didik menjadi pembawa acara, pemimpin
rapat dikelas, dan lain sebagainya. Kebiasaan-kebiasaan seperti ini akan
memberikan rasa tanggung jawab pada dirinya sekaligus mengajarinya untuk
bersedia menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tugasnya, serta akan menumbuhkan
rasa percaya diri yang tinggi dalam dirinya.
Selain itu, Guru Pendidikan Agama islam mengajari peserta didik
agar bersikap ramah dan senang membantu orang lain. Untuk mengejari peserta
didik seperti ini, Guru Pendidikan Agama Islam selalu bersikap ramah terhadap
siapapun sekaligus selalu tersenyum kepadanya. Guru Pendidikan Agama Islma pun
menjadikan segala rutinitas hariannya menjadi menyenangkan.
Selain itu juga, Guru Pendidikan Agama islam tidak pernah menegur
anak didiknya yang salah langsung dihadapan teman-temannya. Dan juga guru
Pendidikan Agama islam mendukung sepenuhnya sesuatu yang menjadi minat peserta
didik. Guru Pendidikan Agama Islam Juga Tida memanjakan peserta didiknya.
pada saat penelitian diketahui bahwa guru mata pelajaran PAI mampu
dalam berinteraksi baik dengan murid-muridnya pada saat jam pelajaran dengan
menggunakan pendekatan Inidvidual. Hal tersebut dilakukan agar tercapainya
tujuan yang diinginkan dengan maksimal dan memudahkan siswa dalam menerima
pelajaran serta memudahkan guru dalam menentukan pelajaran yang diajarkan.
Dengan mengalokasikan waktu untuk berinteraksi dengan menggunakan Pendekatan
Individual untuk membangung kepercayaan diri terhadap anak peserta didik, guru
mampu membagi mata pelajaran yang diajarkan kapan pelajaran itu diajarkan dan
ruang mana pelajaran itu akan diajarkan pada suatu kelas tertentu serta mampu
menyelesaikan pelajaran yang sudah direncanakan yang diajarkan dengan baik.
Dari hasil penelitian observasi,
senin 19April 2015, proses interaksi antara guru mata pelajaran PAI dengan
murid-murid yang berada di kelas
tersebut guru dapat menjalin proses interaksi dengan menggunakan
Pendekatan individual dengan baik dan efektif selama berlangsungnya kegiatan
pembelajaran
Berdasarkan sumber-sumber
tersebut dapat ditetapkan dan
dikembangkan proses interaksi dengan menggunaka pendekatan individual untuk
meningkatkan kompetensi dasar anak-anak murid
Dalam mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk menyelesaikan
Pembelajaran secara Efektif berlangsung cukup baik.
Tetapi setelah penulis melakukan observasi dan melihat dokumen
ternyata tidak semua guru mampu menjalin interaksi dengan menggunakan
pendekatan individual yang baik kepada murid-muridnya.
Dari 1 orang guru mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas I
yang penulis teliti guru tersebut mampu menjalin proses interaksi dengan
menggunakan pendekatan individual yang baik dengan murid-muridnya yang berada
di kelas I, beliau menyedari akan pentingnya membangun Sikap percaya diri
peserta didiknya.
Dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Guru tersebut
memberikan pelajaran sesuai dengan indikatornya dengan metode yang baik, karena
guru tersebut mampu menjalin interaksi dengan murid-muridnya sehingga hasil
yang ingin di capai memuaskan untuk kemajuan para murid-muridnya yang berada di
Kelas I. karena hal tersebutlah dapat dikatakan bahwa guru PAI mampu membuat
proses Pendekatan Individual untuk menjalin Interaksi dengan baik agar kepercayan
diri Peserta didik meningkat selama pembelajaran berlangsung.
Berdasarkan dari hasil observasi, senin, 19April 2015, dengan
mempersiapkan materi pelajaran terlebih dahulu akan mempermudah guru dalam
mengajar dan berinterkasi dengan murid untuk mencapai tujuan pendidikan.
Dengan mempersiapkan materi sebelum mengajar akan mempermudah guru
dalam menyampaikan materi dan Melakukan pendekatan Individual untuk menjalin
proses interaksi antar guru dan murid bisa berjalan dengan lancar sesuai yang
di inginkan.
Dari data yang penulis dapat guru mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam yang mengajar di Kelas I mampu dalam menentukan metode pembelajaran
sehingga proses interaksi terjalin, hal tersebut memudahkan guru dalam
menjelaskan pelajaran yang diajarkan dan siswa dengan mudah memahami pelajaran,
dan metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan penugasan. Dengan
menggunakan metode ceramah akan mempermudah guru dalam menyampiakan materi yang
sudah disusun sebelum mengajar, dengan metode diskusi guru dapat mengetahui
sejauh mana kekompakan siswa dalam mengerjakan tugas secara berkelompok dan
menggunakan metode penugasan untuk mengetahui sejauh mana siswa dalam menerima
pelajaran yang sudah diajarkan dan melatih siswa untuk belajar serta mengingat
kembali tentang pelajaran yang sudah dipelajari.
Dari hasil observasi dan wawancara diketahi bahwa guru PAI
Melakukan pendekatan Kelompok yang baik terhadap anak didiknya di Sekolah Dasar
Negeri Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan, dimana anak didik dalam suatu
kelompok dipandang sebagai satu kesatuan tersendiri, dengan adanya pendekatan
kelompok peserta didik lebih mudah memahami pelajaran serta dapat meningkatkan
sikap kepercayaan diri pada anak tujuan pembelajarannya sesuai yang diinginkan.
Kemampuan guru dalam proses Pendekatan kelompok ini sangat
menentukan keberhasilan proses belajar mengajar dan penyampaian sumber belajar.
Dengan cara tersebut akan mempermudah proses pembelajaran sesuai target yang
diinginkan.
Dari data yang penulis dapat guru mata Pelajaran PAI mampu
melakukan pendekatan kelompok dengan baik selama proses pembelajaran sehingga
mampu meningkatkan sikap kepercayaan diri peserta didik. Dengan pendekatan
kelompok yang baik guru dapat menyalurkan pikiran, perhatian dan kemampuan
siswa sehingga dapat mendorong proses belajar mengajar dan membantu memudahkan
pemahaman siswa dalam menentukan dan memahami konsep atau materi yang
disampaikan serta dapat juga menghantarkan siswa ketingkat pemahaman yang lebih
tinggi.
Dari hasil wawancara dan observasi diketahui bahwa guru PAI dalam
melakukan pendekatan Metode Humanistik cukup bervariasi, guru dalam mengajar
menggunakan berbagai macam variasi untuk menciptakan suasana belajar yang
kondusif. karena guru menyadari permasalahan yang dihadapi setiap anak berbeda-beda
karena itu diperlukan pendekatan Metode Humanistik yang bervariasi. pendekatanMetode
Humanistik yang bervariasi yang dilakukan guru bisa dikatakan cukup baik
Berdasarkan hasil penelitian penulis terhadap guru Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam yang mengajar di Kelas I guru mempunyai kemampuan
Pendekatan Metode Humanistik bervariasi yang baik dalam melakukan proses
belajar mengajar. Sehnngga proses belajar mengajar berjalan efektif sesuai
dengan perencanaan sebelumnya.
Dari hasil wawancara dengan guru mata Pelajaran PAI Kelas I,
pendekatan dengan menggunakan Metode Humanistik dilakukan oleh guru mata
pelajaran PAI kelas I adalah menggunakan metode dengan pengajaran regular
dengan tujuan untuk meningkatkan sikap kepercayaan diri peserta didik, guru mengelompokkan
siswa sesuai dengan kemampuan para siswanya, para siswa mempunyai posisi yang
sama, walaupun setiap siswa memerlukan waktu yang berbeda untuk memahami suatu
materi pelajaran. Jadi untuk siswa yang lamban dalam belajar diberikan
perhatian khusus dengan kegiatan yang berbeda dari siswa yang cepat dalam
menerima pelajaran.
b.
Penanaman
Sikap Mandiri
Mempunyai murid yang mandiri memang merupakan dambaan setiap guru.
Sebab, dengan sikap itu proses belajar yang dijalani oleh peserta didik akan menjadi
lancar sehingga guru juga dapat menikmati tugas mengajarnya. Peserta didik yang
mandiri bias melayani kebutuhannya sendiri.
Nah, untuk mendidik peserta didik yang seperti itu Guru Pendidikan
Agama islam membentuk peserta didiknya agar tumbuh menjadi sosok yang
berkarakter mandiri, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan oleh guru
Pendidikan Agama Di SDN Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten
Banjar.
Ada beberapa langkah yang dilakukan Guru Pendidikan Agama Islam di
SDN Jingah Habang Ilir Kecamatan karang Intan diantaranya adalah guru PAI
memberikan keterampilan untuk mengurus dirinya sendiri. selain itu guru juga memberikan bentuk-bentuk
kegiatan sekolah yang merangsang sikap mandiri peserta didik.
Guru Pendidikan Agama Islam juga sering meminta bantuan kepada
peserta didik untuk membuat program kegiatan positif.
Dari hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa guru PAI
Melakukan pendekatan Edukatif yang baik dalam hal proses belajar mengajar
dikelas untuk menumbuhkan sikap mandiri pada peserta didik.
karena guru PAI Menyadari Perkembangan kognitif anak dalam proses
Eksplorasi bertujuan untuk mengembangkan bahasa, daya pikir dan keterampilan
anak didik.
Dalam tahap ini, anak mengembangkan keterampilan, bahasa dan daya
ingatnya, untuk itu dalam memberikan pelajaran pada Anak Kelas I Sekolah Dasar
sangat perlu perhatian dari guru mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dengan
adanya kegiatan Pendekatan edukatif melalui proses Eksplorasi belajar mengajar
ini sangat memudahkan bagi anak didik untuk mengingat, mengucapkan dan
menjawabnya ketika ada pertanyaan yang diajukan kepadanya. Maka dari itu sangat
efektif digunakan dalam meningkatkan perkembangan daya pikir, barbahasa dan
keterampilan anak dalam proses belajar mengajar pada anak didik Kelas I Sekolah
Dasar Negeri Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan Kabupaaten Banjar.
Dari hasil wawancara dengan guru mata pelajaran PAI Kelas I, dalam
hal Pendekatan Edukatif melalui proses eksplorasi untuk menanamkan sikap
mandiri peserta didik guru mata pelajaran PAI Sangat memperhatikan hal ini,
eksplorasi para siswa di kelas I di dukung sepenuhnya oleh Guru Mata Pelajaran
Agama Islam, dengan cara mengungkit kemampuan siswa dari dalam agar bisa ia
eksplor dari dalam dirinya. setiap memasuki kelas guru PAI Bertanggung jawab
mengungkit, menumbuhkan, dan menyalurkan kemampuan para siswanya sesuai
kapasitas anak didiknya yang berada di kelas I dalam Mata Pelajaran Pendidikan
Agama Islam. Dalam hal Eksplorasi guru PAI Kelas I Sudah melakukannya dengan
baik. Ia menyadari pentingnnya kemampuan para siswa nya di eksplor agar
kapasitas anak didiknya bertambah bagus dan meningkat dan tujuan penenaman
sikap mandiri pada peserta didik tercapai.
Dari Hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa guru PAI Sekolah
Dasar Negeri Jingah Habang Ilir Kecamatan karang Intan, melakukan Pendekatan
yang sangat baik. Guru PAI Menyiapkan langkah seperi memilih metode mengajar
dan alat pelajaran yang akan di pakai dengan tujuan untuk menambah Kapasitas
para siswa dalam Memperdalam sikap mandiri anak didik. Melalui pendekatan ini diharapkan
akan menambah kepercayaan diri para anak didik dan memperkokoh Kekuatan jiwanya
untuk selalu berpegang teguh pada ajaran agama. Hasil yang diperoleh melalui
pendekatan ini ini cukup memuaskan guru Pendidikan Agama Islam.
Dengan pendekatan penanamansikap mandiri sangat membantu guru untuk
memperkuat kepercayaan para anak didik dan menanamkan nilai-nilai Agama supaya
bisa dihayati, diayakini, di pahami, dan di amalkan oleh para anak didik di
Sekolah Dasar Negeri Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar.
c.
Mendorong
Keaktifan Peserta didik
Sebagaimana yang tertara dalam UU RI No. 20 Tahun 2003 Bab II Pasal
3 tentang system pendidikan Nasional, pada hakikatnya pendidikan Nasional
berfungsi mengembangkan kemampuan sekaligus membentuk watak dan peradaban
Bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan Bangsa, serat
bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman
dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu,
cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis dan
bertanggung jawab.
Inilah yang melatar belakangi guru Pendidikan Agama Islam untuk
memfungsikan pendidikan untk membentuk manusia agar memiliki karakter aktif dan
kreatif. Guru pendidikan Agama Islam menyadari bahwa apabila pendidikan
bertujuan membentuk karakter aktif dan kreatif, tentunya setiap peserta didik
dengan segala potensinya dapat dilatih untuk menggagas ide-ide kreatif
berdasarkan pengalaman hidupnya.
Dalam rangke mengembangkan potensi aktif kreatif ini guru
Pendidikan Agama Islam cukup baik dalam mengembangkan potensi kreatifitas
peserta didiknya, pendkatan yang dipakai pun dengan menggunakan metode
humanistik dengan cara menstimulasi kemampuan peserta didik terutama
kemampuannya dalam menyelesaikan berbagai masalah dapat diartikan sebagai
berkembangnya wawasan peserta didik yang akhirnya dapat berimplikasi terhadap
kreatifitas peserta didik.
Dari hasil wawancara dan Observasi di ketahui bahwa, dalam hal
penguasaan Bahasa Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Jingah
Habang Ilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar dikatan Baik. Karena
Kemampuan Guru Pendidiikan Agama Islam yang mumpuni dalam menjalin komunikasi
dengan anak didik.
Dari Hasil Observasi dan wawancara dengan anak murid, mereka
mengatakan kemampuan Guru PAI dalam berbahasa ketika melakukan proses belajar
mengajar bisa dipahami mereka cukup baik.
Perlunya aktifitas keaktifan dalam belajar disebabkan pada
prinsipnya belajar adalah berbuat, berbuat untuk megubah tingkah laku, jadi
melakukaan kegiatan. Tidak ada belajar kalau tidak ada aktifitas. Itulah
sebabnya katifitas merupakan prinsip atau asas yang sangat penting di dalam
interaksi belajar mengajar. Sebagai rasionalitasnya hal ini juga mendapatkan
pengakuan dari berbagai ahli pendidikan termasuk hal ini juga dipikirkan oleh
Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri Jingah Habang Ilir
Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar.
Dari hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa guru PAI juga memberikan penjelasan bahwa segala
pengetahuan itu harus diperoleh dengan pengamatan sendiri, pengalaman sendiri,
penyelididkan sendiri, dengan bekerja sendiri, dengan fasilitas yang diciptakan
sendiri, baik secara rohani maupun tekhnis.
Ini menunjukkan setiap orang yang belajar harus aktif sendiri,
tanpa ada aktifitas, maka proses belajar tidak mungkin terjadi. itulah sebabnya
Guru PAI di SDN Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar
menegaskan bahwa ruang kelas harus di uabh / di atur sedemikian rupa menjadi
laboratorium pendidikan yang mendorong anak didik bekerja sendiri. Guru PAI
juga menegaskan bahwa sekolah harus di jadikan tempat kerja. Sehubungan dengan
itu maka ia menganjurkan pengembangan metode-metode proyek, problem solving,
yang merangsang anak didik untuk melakukan kegiatan. Semboyan yang ia
populerkan “learning by doing”.
Diketahui juga Guru PAI sudah cukup baik dalam mengemukakan
beberapa pandangan dari berbagai sumber. Guru PAI menegaskan bahw dalam
kegiatan belajar, subjek didik harus aktif berbuat. Dengan kata lain bahwa
dalam belajar sangat diperlukan adanya aktifitas, tanpa aktifitas, belajar itu
tidak mungkin berlangsung dengan baik.
d.
Penanaman
Sikap Empati
Sikap empati terhadap orang lain merupakan sikap yang sangat
dibutuhkan oleh Bangsa Indonesia, terutama saat bangsa ini banyak mengalami
musibah dan bencana. Namun untuk menumbuhkan rasa kepedulian itu, Guru
Pendidikan Agama Islam tidak perlu menunggu bencana terjadi. Sebab, setiap
saat, selalu ada banyak hal yang meminta kepedulian kita.
Guru Pendidikan Agama Islam menyadari bahwa sikap kepedulian
merupakan sikap yang tidak bias tumbuh dengan sendirinya. Sebab, diperlukan
latihan, pengenalan, dan penenaman intens, seingga nilai-nilai kepedulian
tersebut akan tumbuh dan berakar kuat pada diri seseorang tersebut akan tumbuh dan
berakar kuat pada diri seseorang.
Dari hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa guruPAI melakukan
Metode Humanistik dengan penanaman Sikap Empati dilakukan cukup baik. Karena
Guru PAI Cukup mengerti bahwa anak didik adalah setiap orang yang menerima
pengaruh dari seseorang atau sekelompok orang yang menjalankan kegiatan
pendidikan. ini berrarti bahwa Guru PAI di SDN Jingah Habang Ilir Kecamatan
Karang Intan cukup baik memamahami anak didiknya dengan segala potensinya dan
bagaimana proses belajarnya.
Guru PAI Cukup Memahami aspek anak didiknya bahwa setiap anak didik
disamping memiliki sejumlah persamaan, juga perbedaannya.
2.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi Penerapan Metode Humanistik oleh Guru PAI untuk menciptakan
keaktifan siswa dalam Pembelajaran PAI
a.
Guru
Keberhasilan proses belajar mengajar sangat ditentukan oleh
keberhasilan guru dalam mengelola proses belajar mengajar di Sekolah untuk
meningkatkan tingkat produktifitas dan prestasi anak didik dapat dilakukan
dengan meningkatkan kapasatis Guru untuk pengelolaan kelas dalam pelaksanaan
proses belajar mengajar dengan menggunakan metode Humanistik yang efektif untuk
keberhasilan proses belajar mengajar.
Dari uraian diatas, sehubungan dengan tugas dan wewenang tenaga
kependidikan sebenarnya dari segi realisasi kegiatan proses belajar mengajar
Pendidikan Agama Islam dengan Metode Humanistik Kelas I di Sekolah Dasar Negeri
Jingah Habang Ilir Kecamatan karang Intan Kabupaten Banjar Dapat dikatakan baik.
Karena Guru Pendidikan Agama Islam mempunyai Latar pendidikan Yang
baik, selain Itu guru PAI juga sering mengikuti berbagai macam diklat
Pendidikan Untuk meningkatkan Kompetensi Pribadi Guru itu sendiri, jadi dapat
dikatan dari segi pendidikan, kompetensi dan kapasitas yang dimiliki Guru
Pendidikan Agama Islam di SDN Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan Dapat
di katakan baik.
b.
Siswa
Pendidikan hendaknya di desain bagi siswa atau peserta didik sesuai
dengan kebutuhan dan mengalami perkembanannya. Setiap peserta didik mempunyai
kebutuhan dan mengalami perkembangan yang tidak sama sehingga Sekolah perlu
menyelenggarakan berbagai program sesuai dengan kebutuhan dan tingkat
perkembangannya. Agar program yang telah di susun, guru yang telah diangkat,
dan sarana prasarana dapat dimanfaatkan sebaik mungkin, maka peserta didik
perlu di menej sedemikian rupa sehingga tujuan yang diinginkan Sekolah dapat di
capai secara efektif dan efesien.
Manajemen kesiswaan pada dasarnya membahas tentang perencanaan
kesiswaan, peneriman siswa baru, pengorganisasian siswa, orientasi siswa,
pembinaan dan pelayanan siswa, organisasi siswa, penilaian siswa, mutasi dan
almuni. Inilah sebenarnya cakupan yang akan dibahas dalam bidang kesiswaan.
Dari uraian diatas, kalau menghubungkan dengan program kesiswaan
yang dibuat oleh bagian kesiswaan, ternyata program kesiswaan banyak sekali
komponen kegiatannya dan seandainya program tersebut teraktualisasi semua dan
dikelola dengan baik dan profesional. SDN Jingah habang Ilir Kecamatan Karang
Intan Kabupaten Banjarakan menjadi sekolah yang diperhitungkan kualitasnya di
Kabupaten Banjar.
c.
Sarana
Prasarana
Sarana pendidikan adalah peralatan dan perlengkapan yang secara langsung
dipergunakan dan menunjang proses pendidikan, khususnya proses belajar mengajar
seperti gedung, ruang kelas, meja, kursi, multi media, serta alat-alat dan
media pengajaran yang lain. Sarana belajar mengajar yang ada di SDN Jingah
Habang Ilir Kecamatan Karang Intan kabupaten Banjar yaitu: a. ruang Kepala
Sekolah 1 buah, b. Ruang Dewan Guru 1 Buah, c. ruang Tata Usaha 1 Buah, d.
Ruang Kelas 6 Buah, e. Ruang Perpustakaan 1 Buah, F. Mushalla 1 buah, g. WC 2
guru 1 Buah, h. WC Murid 4 Buah.
Dari gambaran diatas tentang sarana prasarana di Sekolah Dasar
Negeri Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar belum sepenuhnya memenuhi
kreteria dari sebuah manajemen pendidikan berbasis Sekolah dan Standar dari
pengembangan Sekolah Dasar
es955 salomon sko tilbud,tevasandalen,havaianas oslo,veja sko,joya schuhe wien,stockx slovakia,stockx norway,stockx finland,vvivobarefoot sandály sq147
BalasHapus